Bima

APBDesa Leu 2017, Kec. Bolo, Bima

LEU.DESA.ID. Transparasni dan akuntabilitas anggaran desa merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan Desa Leu yang lebih baik. Sebagai salah satu bentuk Transparansi Publik pengelolaan Dana Desa, Pemerintah Desa Leu berupaya mensosialisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Leu tahun 2017 melalui media Papan  infografis.

Menurut  Kepala Desa Leu, Muhammad Taufik, S.Ag, pemasangan Infografis APBDes ini dilakukan atas dasar prinsip Transparansi Keuangan Desa. Selain itu Pemerintah Desa Leu juga tetap melaksanakan sosialisasi APBDesa Tahun 2017 melalui Acara acara Mbolo Weki dan pertemuan2-pertemuan warga lainnya. Infografis APBDes 2017 juga akan disebarkan melalui website desa dan berisikan rincian dana yang diterima pemerintah desa beserta program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 ini.

“Rincian penggunaan anggaran sudah di sana semua. Jadi nanti masyarakat harapannya tidak bingung soal program – program Pemerintah Desa yang menggunakan Anggaran Dana Desa” Terang Kepala Desa

Untuk Pemasangan Infografis ini sendiri, Pemerintah Desa Leu sudah menyelessaikan pemasangan sejak bulan Ramadhan yang lalu. untuk pemasangan pertama hanya di satu titik yaitu di Depan Masjid Al Ikhlas Desa Leu. Sedangkan sisanya yaitu untuk masing masing Dusun diselesaikan pada Awal Juli ini.

Pemasangan Papan Infografis APBDes Leu Tahaun 2017 sendiri di pasang Di 5 Lokasi Yang berbeda, masing masing di lima Dusun. Lokasi pemasangan Papan Infografis diantaranya adalah di Depan Kantor Desa Leu, tepatnya di depan Masjid Al-Ikhlas, Di Depan  kantor BUMDes Landoli, Di depan SDN Inpres Leu, Di depan Posyandu Dusun Sepeda dan di Depan SDN No 2 Sila di Dusun Melati.

Sosialisasi APBdes bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat Leu khususnya untuk turut serta dalam pengawasan pelaksanaan program pembangunan Desa Leu. Sehingga apa yang menjadi program pembangunan yang menggunakan anggaran desa bisa mencapai hasil yang optimal untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Leu.