Blog

Diskusi Transparansi Desa Dengan Karangtaruna Kab. Pangandaran

BANYUMAS – Rombongan pengurus dan anggota karang taruna Kabupaten Pangandaran Jawa Barat mengadakan kegiatan study banding ke Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, (26/12).

Salah satu agenda pentingnya adalah melihat langsung bagaimana Desa Wlahar wetan dengan segala keterbatasan dan masalahnya mampu bangkit membangun kesadaran kolektif masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan desa.

“Salah satu inovasi Pemerintah Desa Wlahar Wetan adalah dengan keterbukaan informasi publik, sehingga masyarakat terbangun kepercayaannya kepada kami dan mau terlibat dalam perencanaan hingga pengawasan pembangunan” ujar Dodiet Prasetyo, S.T. Kepala Desa Wlahar Wetan.

Keterbukaan informasi publik yang dimaksud Dodiet adalah media informasi desa berupa website dengan alamat www.wlaharwetan.desa.id dan media transparansi anggaran berupa infografik APBDesa.

“Biasanya, warga acuh pada pembangunan desa karena tidak tahu dan tidak paham buat apa saja anggaran desa digunakan, nah infografik APBDesa ini penting untuk dicetak, dipajang besar-besar dan ditempel hingga ke sudut-sudut desa agar masyarakat melek anggaran dan terlibat dalam perencanaan, tidak hanya ngedumel di belakang” saya menyampaikan pesan tambahan ini, ketika diberi kesempatan sebagia salah satu narasumber dalam sesi terakhir pertemuan.

Sejak 2016, Pemdes Wlaharwetan memang telah aktif memberitakan berbagai kegiatan pembangunan di website desa serta mempublikasikan anggaran dalam bentuk infografik APBDesa yang bahkan gaya desainnya banyak ditiru desa-desa lain di Indonesia.

“Kami bersyukur karena mendapatkan informasi dan wawasan baru, insya Allah semua hal baik yang kami dapat di sini akan diterapkan di kabupaten Pangandaran” ujar perwakilan Pengurus Karang taruna kab. Pangandaran dalam penutupan acara.


Update