Mudik

Google Doodle edisi Mudik 2018

Hai, teman-teman yang sedang atau sudah mudik. Jika kita mudik ke desa, ayo dukung desa kita untuk menjadi desa yang transparan dengan cara yang simple tapi keren!

TDK mengajak kamu semua yang sedang mudik, untuk berpartisipasi membantu menyebarkan semangat transparansi desa (1) menyebarkan via medsos – (media transparansi sudah terpampang), atau (2) membantu membuatkan, minimal APBDesa saja dulu.

Kabarkan di Medsos

Jika Anda sampai ke desa dan melihat ada media publikasi yang memuat transparansi pembangunan desa, baik berupa baliho, poster, papa pengumuman, spanduk atau media apapun, silakan foto atau rekam video lalu unggah ke media sosial minimal Facebook dan Instagram dengan tagar (hashtag) berikut :

#transparansidesa

lalu mention ke akun :

Insya Allah akan disebarkan ulang / re-post oleh tim admin.

Unggah ke TDK.web.id

Anda juga dapat mengirimkan (mengunggah) foto tersebut langsung ke Redaksi TDK.web.id

Bantu Desamu!

Jika belum menemukan media publikasi transparansi, maka Anda dapat membantu Pemerintahan Desa membuatnya, yang disebut pemerintahan desa adalah :

  • Pemerintah Desa (yang dipimpin Kepala Desa)
  • Badan Permusyawaratan Desa/BPD

Silaturahim sambil obrolin soal pentingnya transparansi desa, karena desa adalah institusi publik, semua dana penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat bersumber dari dana publik.

Amanat UU Desa

Karena itu transparansi desa, adalah kewajiban semua pemerintahan desa. Jika ditanya apa dasar hukumnya? silakan Anda unduh UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa di sini, lalu buka pasal 82.

Mencakup apa saja?

Secara teknis, Pemerintah Desa seharusnya mempublikasikan dokumen pembangunan seperti RPJMDesa, RKP hingga APBDesa, APBDesa perubahan hingga Realisasi APBDesa.

Minimal, APBDesa deh.. yang merupakan anggaran pendapatan dan belanja tahunan desa.

Tapi, Tak Wajib kan?

Sebenarnya wajib, sesuai amanat UU Desa dan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP), tapi mungkin beberapa pemerintahan desa belum paham saja.

Pemerintahan desa yang belum paham transparansi, UU Desa dan perkembangan teknologi informasi, mungkin akan menyangka hal ini mengada-ada. “Dulu tidak harus begini kok” atau “Tidak ada instruksi dari Pemerintah” dan alibi lainnya.

Solusinya adalah silakan tunjukkan website ini. Tunjukkan bahwa sudah sangat banyak desa-desa lain di seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua yang sudah mempublikasikan transparansi pembangunan desa mereka.

Action! Jangan Cuma Ngobrol

Kita dapat membantu membuat publikasi sederhana semacam infografik dari dokumen-dokumen tersebut, ambil data pentingnya saja, minimal dari APBDesa tahun berjalan.

Dokumennya dapat diperoleh di Kantor Desa, atau jika kantor desa tutup libur lebaran, bisa langsung meminta ke Sekretaris Desa (Sekdes), insya Allah ada di laptop-nya. Jika tidak ada juga, cari perangkat desa yang menjadi “operator komputer” di desa, insya Allah ada dokumennya.

Bantu buat Infografik

Ya! kita bisa bantu membuatkan infografik APBDesa dengan menggunakan aplikasi pengedit vector semacam Adobe Illustrator, Inkscape, CorelDraw atau mungkin Photoshop.

Template infografik dari TDK, bisa diunduh di sini. GRATIS!

Pake Ms Word aja, Bisa ga?

Bisa, kami juga punya template infografik sederhana yang bisa diedit di aplikasi office seperti Ms office Word, Libre Office atau lainnya.

Unduh template infografik APBDesa format Ms Word di sini.

Oya, saran saya jika sudah jadi, silakan simpan ke dalam format file “PDF” agar dapat disebarkan dan dibaca lebih mudah di Handphone. Jangan disimpan dalam format Ms Word lagi ^_^

Jadi? Sebarkan!

Infografik desa dapat disebarkan melalui aplikasi obrolan seperti WA, Line, Telegram, BBM atau lainnya, serta media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dll.

Bantu Cetak, Jika Bisa

Jika memungkinkan, cetaklah. Karena tidak semua orang di desa punya akses ke media sosial dan internet. Cetak jadi poster ukuran A3 atau paling sederhana cetak pake kertas A4 lalu ditempel di lokasi-lokasi strategis.

Dicetak pasca Libur Lebaran

Jika berkenan, Pemdes dapat mencetak hasil desain infografik kita setelah hari kerja mereka dimulai lagi pasca libur Hari Raya Idulfitri. Syukur kalau para perantau membantu biaya pencetakannya, lebih keren lagi ^_^

 


Selamat Idulfitri, Selamat Mudik ke Desa


Jabat erat,
TDK | Transparansi Desa Kita

Open chat