Blog

Optimalisasi Infografis Desa di Festival Destika 2017 Pemalang

PEMALANG – Saya senang mendapatkan informasi bahwa ada sesi workshop khusus terkait dengan optimalisasi infografis desa dalam rangkaian Festival Destika 2017, di Pemalang Jawa Tengah (21-22 November 2017).

Spanduk acara, keren!

Setidaknya, dalam gelaran festival Destika yang kelima ini mimpi saya pada festival Destika pertama tahun 2013 di Melung, Banyumas dulu telah terwujud, yakni ada ruang belajar bersama bagi desa dalam memanfaatkan TIK terutama untuk desain komunikasi visual.

Namun demikian, sesi workshop ini ternyata berbarengan atau bergantian dengan workshop game parental control dengan teman-teman dari IGRS Kemkominfo RI dan komunitas gamer dari Bandung.

beberapa peserta yang hadir

Panitia juga mungkin kurang mengantisipasi masalah mobilisasi peserta. Kegiatan Festival Destika yang pembukaannya di Desa Pulosari, Pemalang sementara sesi workshop di sebar di beberapa titik. Workshop infografis dan game parental control sendiri ditempatkan di Wiloji, Desa Karanganyar, Pemalang yang berjarak sekitar 20 menit perjalanan menggunakan sepeda motor dari Desa Pulosari.

Hal ini kemudian membuat peserta workshop yang seharusnya diisi oleh para perangkat desa atau para pemuda desa yang berminat mengembangkan desain komunikasi visual desa berupa infografis menjadi tidak tercapai optimal.

Narasumber dari IGRS, saya jadi operatornya saja 🙂

Alhamdulillah, ada beberapa pemuda dan pemudi perwakilan IPPNU, warga karanganyar dan beberapa mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini. Tidak menutup kemungkinan, informasi yang disampaikan di acara ini juga dapat menyebar dan sampai ke desa-desa lain melalui mereka.

Sesi pertama diisi dengan materi game parental control dari Tim IGRS Kemkominfo, kemudian perwakilan komunitas game dari Bandung. Terakhir, saya menyampaikan materi tentang sejarah dan visi dari infografis desa sebagai inisiator TDK | Transparansi Desa Kita dan mewakili Relawan TIK Indonesia.

madang ora madang sing penting ngumpul :p

Alhamdulillah, selesai acara saya bertemu dengan teman-teman Relawan TIK Pemalang yang juga aktif di Puspindes Pemalang, bisa berbagi pengalaman dan becanda sambil makan siang bersama.

Selamat atas gelaran Festival Destika 2017 di Pemalang, Jawa Tengah. Sampai jumpa di Destika berikutnya tahun depan.